Akhiri Hubungan Dokter-Pasien yang Paternalistik

Kompas.com - 23/03/2009, 21:26 WIB
Editor

SOLO, KOMPAS.com — Hubungan antara dokter dan pasiennya yang dulu menganut pola paternalistik sudah waktunya diubah menjadi setara. Hubungan yang baik antarkedua pihak akan berdampak pada kesehatan yang lebih baik, kenyamanan yang lebih tinggi terhadap terapi pasien, kepuasan lebih tinggi pada pasien dan dokter, serta penurunan risiko malapraktik.

Ini dikatakan Dr dr Achmad Arman Subijanto, MS, Senin (23/3) di Solo. Subijanto akan dikukuhkan sebagai guru besar Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Selasa besok, pidato berjudul "Peran Komunikasi dalam Menjalankan Profesi Dokter yang Berkualitas di Masyarakat."

Komunikasi yang kurang baik antara dokter dan pasien lama-lama menumbuhkan kurangnya kepercayaan masyarakat pada dokter. Tidak heran, menurut Subijanto, muncul fenomena dukun cilik Ponari di Jombang.

Fenomena itu menunjukkan menurunnya minat orang sakit memeriksakan diri ke dokter. Ini bisa dipengaruhi oleh tingginya biaya kesehatan maupun berkurangnya kepercayaan masyarakat pada pelayanan dokter. "Padahal apa yang dilakukan Ponari tidak ada dasar ilmiahnya," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.