Di Balik Kesegaran Timun Suri

Kompas.com - 24/08/2009, 19:19 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan puasa tiba, timun suri pun muncul. Setelah menjalankan puasa sehari penuh, alangkah nikmatnya berbuka dengan minuman segar yang dingin. Timun suri menjadi salah satu pilihan favorit untuk es buah atau koktail.

Buah yang memiliki nama ilmiah Cucumis sativus ini memang unik. Boleh dibilang, timun suri hanya banyak ditemui pada bulan puasa. Penjual timun suri mendadak bermunculan di berbagai tempat. Padahal, buah ini sebenarnya tidak tergantung musim tertentu untuk berbuah. Hanya saja, di luar bulan puasa, orang tidak terlalu tertarik untuk membuat minuman dari timun suri.

Timun suri memiliki kandungan air yang tinggi. Rasanya juga khas dan tambah segar saat dikonsumsi dalam keadaan dingin. Sungguh tepat untuk pemuas dahaga.

Selain menyegarkan, timun suri ternyata memiliki manfaat kesehatan, terutama karena kaya kandungan serat, kalium, dan provitamin A. Buah ini diyakini bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah, serta menyehatkan fungsi ginjal dan limpa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.