Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Parpol Terbesar Pimpin Panitia Angket Century

Kompas.com - 04/12/2009, 17:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso selaku pimpinan rapat perdana Panitia Angket Century pada Jumat (4/12) menetapkan, empat fraksi partai terbesar adalah pihak yang berhak memimpin panitia angket.

Hal ini disepakati secara aklamasi oleh seluruh anggota Panitia Angket Century. Keempat fraksi tersebut adalah Fraksi Partai Demokrat yang memiliki delapan kursi di Panitia Angket Century, Fraksi Partai Golkar memiliki enam kursi, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan memiliki lima kursi, dan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera memiliki tiga kursi.

Hal ini sesuai dengan Tata Terbit DPR Nomor 91 ayat 2 bahwa penetapan pimpinan panitia angket dilakukan secara musyawarah mufakat dengan mengedepankan asas proporsionalitas. Sebelumnya, sempat terjadi penafsiran berbeda mengenai asas proporsionalitas.

Fraksi Hanura dan Fraksi Gerindra sempat menafsirkan bahwa proporsionalitas dilihat dari sudut pandang pihak yang paling berjuang mengusulkan usulan hak angket atas kasus dana talangan Bank Century senilai Rp 6,7 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com