Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Gendut Bayar "Pajak Lemak"

Kompas.com - 23/07/2010, 12:41 WIB
EditorEgidius Patnistik

BERLIN, KOMPAS.com — Orang gendut harus bayar pajak lebih tinggi demi menutupi biaya tambahan yang mereka ciptakan dalam sistem kesehatan Jerman, kata seorang anggota parlemen.   "Pertanyaan harus diajukan, apakah biaya besar, misalnya, yang muncul dari konsumsi makanan yang berlebihan dapat secara permanen dibayarkan dari sistem kesehatan konsolidasi," kata Marco Wanderwitz, anggota parelemen konservatif untuk Negara Bagian Saxon sebagimana dikutip Telegraph, Kamis (22/7/2010). "Saya berpikir, masuk akal bahwa orang yang dengan sengaja hidup tak sehat bertanggung jawab untuk itu dalam hal keuangan," kata Wanderwitz, yang juga ketua kelompok parlemen muda dari Partai Demokrat Kristen pimpinan Kanselir Angela Merkel.   Wanderwitz didukung Juergen Wasem, ekonom yang mengatakan makanan seperti coklat harus menyertakan peringatan kesehatan. "Seperti halnya tembakau, kita harus mengenakan pajak tinggi terhadap pembelian barang-barang konsumsi yang tidak sehat dan membayarkan pajak tersebut ke dalam sistem kesehatan," kata Wasem.

Sistem kesehatan Jerman dibiayai serangkaian dana asuransi kesehatan wajib, yang semuanya dilaporkan mengalami defisit serius karena sistem tersebut sering digunakan.

Harian Jerman, Bild, memperkirakan bahwa pengobatan untuk penyakit terkait obesitas membebani Jerman sebanyak 16 miliar poundsterling.

Asosiasi Guru Jerman baru-baru ini merekomendasikan untuk menimbang berat anak-anak di kelas setiap hari dan melaporkan kelebihan berat badan serius ke layanan sosial, yang akan memiliki otoritas untuk membawa mereka ke klinik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+