Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flek Mungkin Tanda Kehamilan

Kompas.com - 26/08/2010, 15:23 WIB

Kompas.com - Kebanyakan orang, terutama perempuan, mengenali bahwa tanda terjadinya kehamilan adalah tak kunjung haid. Padahal, ada berbagai tanda lain yang menunjukkan kehamilan, di antaranya tes kehamilan positif, mual dan muntah, ada perubahan pada payudara dan puting, atau sering buang air kecil.

Tanda lain yang sering membuat perempuan tak menyangka dirinya tengah hamil adalah munculnya flek, atau bercak darah yang mirip menstruasi. Memang biasanya muncul lebih sedikit, disebut pula sebagai tanda Hartman.

Menurut Dr.Caroline Tirtajasa, spesialis kebidanan dan kandungan, flek ini terjadi saat implantasi atau menempelnya embrio pada dinding rahim atau uterus. Perdarahan implantasi (implantation bleeding) ini umumnya terjadi sekitar 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi (pembuahan) atau sedikit lebih awal ketimbang datangnya waktu menstruasi.

Jadi waktunya lebih pendek daripada haid normal. "Ada kalanya muncul keputihan dari vagina karena pengaruh hormonal," ujarnya. Selain itu, keluarnya bercak darah biasanya diikuti oleh kram perut. Kram perut pada kondisi kehamilan akan terjadi secara teratur. Kram perut ini akan terus berlanjut sampai kehamilan trisemester kedua.

Memang, tak sedikit perempuan yang belum dapat membedakan tanda kehamilan ini dengan tanda munculnya haid karena hampir sama. Yang jelas, tidak haid adalah gejala yang dirasakan oleh seorang calon ibu yang menyadari kalau dirinya sedang hamil.

"Karena itu penting untuk selalu mencatat tanggal hari pertama haid terakhir guna menentukan usia kehamilan serta memperkirakan tanggal kelahiran sang bayi nanti," ujarnya. (GHS/put)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com