Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UII Diliburkan Seminggu

Kompas.com - 05/11/2010, 12:38 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Kegiatan akademik Universitas Islam Indonesia, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, diliburkan selama sepekan, menyusul semakin meningkatnya aktivitas Gunung Merapi. Sesuai dengan kalender akademik UII, libur mengantisipasi bencana Gunung Merapi selama sepekan itu juga dilanjutkan dengan libur Idul Adha selama tiga hari pada 15-17 November 2010.

Demikian diumumkan Rektor UII Edy Suandi Hamid di Yogyakarta, Jumat (5/11/2010). Menurut dia, kegiatan akademik UII mulai aktif kembali pada 18 November 2010.

"Keputusan itu merupakan hasil dari rapat pimpinan Universitas Islam Indonesia (UII). Rapat memutuskan meliburkan kegiatan akademik mulai hari ini hingga 12 November 2010," kata Edy.

"Kesepakatan meliburkan kegiatan akademik UII diambil setelah mempertimbangkan beberapa masukan dari berbagai pihak. Selain itu, faktor di lapangan juga menjadi pertimbangan untuk meliburkan kegiatan akademik UII," paparnya.

Ia mengemukakan, ada tiga hal yang mendasari keputusan itu, yakni sebagai wujud empati, menghindari dampak psikologis, dan menjaga civitas akademika dari dampak abu vulkanik yang berbahaya bagi kesehatan.

"Kami terus berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait dengan aktivitas Gunung Merapi sehingga keputusan meliburkan aktivitas akademik itu yang kami ambil," tuturnya.

Ia mengharapkan, para pimpinan UII, baik di tingkat pusat maupun fakultas, terus berkoordinasi untuk merespons perkembangan Gunung Merapi dan mempersiapkan administrasi ketika kembali aktif. Kegiatan yang bersifat administratif tetap berjalan sebagaimana biasanya. Namun, kantor administrasi, khususnya untuk fakultas-fakultas yang berada di kampus terpadu UII, dipindah ke kampus di Jalan Cik Di Tiro, Yogyakarta.

"Semua kantor administrasi hari ini akan selesai ditata, dan rencananya mulai besok (Sabtu, 6 November 2010) akan mulai beroperasi," katanya.

Adapun letak kampus terpadu UII di Jalan Kaliurang Km 14,5, Sleman, hanya sekitar 20 kilometer dari puncak Merapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com