Obat Statin Kurangi Risiko Kematian

Kompas.com - 10/11/2010, 10:59 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Kelebihan kolesterol dalam darah bisa menyebabkan penumpukan lemak yang menyumbat pembuluh darah. Hal ini bisa memicu serangan jantung dan stroke. Karena itu kadar kolesterol yang tinggi ini perlu dikendalikan lewat perubahan gaya hidup. Jika kadar kolesterol atau LDL terlalu tinggi maka disarankan menggunakan obat.

Sala satu jenis obat penurun kolesterol adalah obat golongan statin. Obat ini berperan dalam mensitetis kolesterol tubuh dengan memblokir suatu zat dalam hati yang diperlukan untuk membuat kolesterol. Akibatnya kolesterol tidak ada dalam sel hati sehingga tubuh mengambilnya dari darah. Obat ini efektif untuk menurunkan kolesterol total dan trigliserida.

Dalam sebuah perbandingan yang dilakukan tim peneliti dari Inggris dan Australia terhadap obat statin dengan terapi penurun kolesterol lainnya terbukti golongan statin dalam dosis tinggi mampu mengurangi risiko kematian dan serangan jantung hingga 13 persen.

Walau begitu, perlu diperhatikan juga efek samping dari penggunaan obat golongan statin ini dalam dosis tinggi. Efek samping yang sudah dilaporkan adalah kelemahan otot atau miopati. Pada beberapa kasus hal itu akan menyebabkan kerusakan otot.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.