Jangan Asal Gunakan Masker

Kompas.com - 23/11/2010, 13:58 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Untuk menghindari penetrasi partikel debu vulkanik yang berasal dari gunung berapi meletus, biasanya sebagian besar warga di sekitar lokasi bencana membeli masker berbentuk segiempat dan berwarna hijau. Masker ini merupakan masker yang kerap digunakan dokter saat melakukan operasi pembedahan.

Selain berfungsi sebagai penyaring udara, masyarakat memilih memakai masker jenis itu karena harganya yang murah serta mudah didapat dan digunakan. Meski memiliki tingkat ketebalan yang bervariasi, masker bedah ini ternyata bukan pilihan tepat.

Pasalnya, masker bedah dengan desain yang sederhana meninggalkan celah ketika dipakai. "Debu bisa masuk melalui celah-celah masker karena bahannya tidak terlalu tebal," ujar Suhanto Kasmali, Kepala Bidang Pelayanan Medis Rumah Sakit Mediros.

Karena itu, dia menyarankan masyarakat agar menggunakan masker respirator yang sudah terbukti ampuh menahan debu. Biasanya, masker respirator memasang filter karbon aktif. Bahkan, beberapa produk mampu menahan lebih dari 140 bahan kimia. (Kontan/Raymond)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.