Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bebas dari Dilema Kesehatan

Kompas.com - 24/11/2010, 15:50 WIB

Hidup penuh pilihan. Dan ketika kita bicara mengenai pilihan, tawaran yang diberikan tidak selamanya bertolak belakang. Bahkan tak jarang, kita justru menemukan tawaran yang untung dan ruginya beda tipis. Situasi itu juga terjadi saat kita harus memutuskan pilihan mana yang lebih sehat diantara pilihan sehat lainnya. Jadi, mari bebaskan diri dari dilema pilihan sehat berikut ini:

1. Memesan dessert atau gelas kedua wine sebagai penutup makan di restoran?

Pilihlah : dessert.

Para peneliti menyarankan agar perempuan hanya menikmati segelas wine setiap harinya, tak lebih dari itu. “Menikmati alkohol pada level moderat dapat menekan risiko serangan jantung. Tapi khusus untuk perempuan, limitnya adalah segelas sehari,” ucap Jo  Ann Manson, kepala pencegahan penyakit dari Boston’s Brigham and Women’s Hospital.

Dan menurut Heather Spencer Feigelson, PhD., senior epidemilogis dari American Cancer Society, alkohol tetap memicu terjadinya kanker payudara. “Lebih baik memilih dessert ketimbang mengonsumsi alkohol. Sebab segelas alkohol saja bisa menimbulkan risiko kanker.”

Jangan lupa, karena umumnya dessert memiliki kandungan gula yang tinggi, kita tetap harus sadar ketika menikmatinya. Sebab terlalu membebaskan diri dengan dessert juga bisa menimbulkan risiko baru yaitu obesitas, diabetes, dan serangan jantung. Cobalah untuk memilih sorbet atau kue tart buah ketimbang cheesecake.

2. Bangun siang atau bangun pagi dan berolahraga?

Pilihlah : Bangun pagi dan berolahraga.

Idealnya, kita tidur 7-8 jam di malam hari. Dan apabila kita melengkapinya dengan olahraga rutin setiap pagi maka dapat mengoptimalkan kerja jam biologis kita. Alhasil, kita tak memerlukan alarm karena setiap pagi, kita akan bangun di waktu yang sama dan tubuh meminta untuk gerakan kebugaran.

“Sinar matahari pagi akan menjadi signal bagi jam biologis kita untuk membuat tubuh bereaksi lebih teratur,” ungkap Shawn D. Youngstedt, PhD., peneliti kesehatan tidur dari University of South Carolina di Columbia.

Tapi apabila jam tidur kita kurang dari 7-8 jam, sebaiknya tambah jam tidur. Khususnya pada ibu-ibu yang baru melahirkan, mereka akan memiliki jam tidur baru karena di malam hari harus terbangun untuk menyusui bayi. Kondisi ini membutuhkan kecukupan tidur agar tubuh kita tetap sehat dan fokus melakukan berbagai aktivitas.

3. Saat terjadi benturan, lebih baik mengompresnya dengan air hangat atau es?

Pilihlah : Kompres dengan es.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com