Sepatu Olahraga Juga Punya Masa "Pensiun"

Kompas.com - 08/02/2011, 13:54 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Selama masih nyaman dipakai dan secara fisik masih baik, mungkin Anda tidak pernah terpikir untuk mengganti sepatu olahraga andalan. Padahal, sepatu olahraga juga punya masa "pensiun", terutama jika Anda rutin memakainya untuk berolahraga.

Sepatu olahraga yang setia menemani Anda berolah tubuh, terutama sepatu lari, akan kehilangan keseimbangan dan kemampuannya meredam getaran atau goncangan. Jika nekat terus dipakai hal ini beresiko menyebabkan cedera otot serta rasa sakit pada kaki pasca berolahraga.

Karena itu solusi terbaiknya adalah mengganti sepatu olahraga Anda secara berkala. Stephen M.Pribut, ahli kesehatan kaki (podiatry) dan mantan ketua American Academy of Podiatric Sport Medicine, memberikan tips seputar usia sepatu.

Untuk sepatu lari, ganti setiap 350-450 mil ( 700 km) pemakaian. Karena kebanyakan orang tidak pernah menghitung jarak yang sudah ditempuh, maka jarak tersebut setara dengan sembilan bulan penggunaan sepatu pada pelari yang rutin berlatih. Sedangkan untuk sepatu jalan santai, andaikan Anda berjalan sekitar 5 kilometer setiap hari, maka sepatu sneaker kesayangan Anda seharusnya sudah dipensiunkan di bulan kesembilan.

Selain usia sepatu, untuk mendukung kenyamanan kaki, dalam memilih sepatu perlu disesuaikan juga dengan aktivitas yang akan dilakukan. Sepatu untuk lari jarak jauh, lari cepat di perlombaan, serta joging ringan di sore hari tentu berbeda. Seorang yang rajin berolahraga bahkan membutuhkan dua sepatu olahraga, satu untuk olahraga serius dan satu lagi untuk santai dan bergaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.