Kepribadian Tipe A Rentan Serangan Jantung

Kompas.com - 09/03/2011, 10:47 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Apakah Anda termasuk orang yang menyukai kompetisi, selalu tergesa-gesa, berani berusaha, namun mudah sekali marah? Apabila demikian, mungkin Anda termasuk orang dengan kepribadian tipe A, dan tanpa sadar memperbesar risiko untuk mengalami masalah dengan jantung.

American Heart Association mengungkapkan masalah utama pada perilaku tipe A adalah stres. Orang berkemauan keras menempatkan diri dalam posisi dengan tekanan terus-menerus, maka tubuh mereka bereaksi dengan memproduksi hormon-hormon stres dalam jumlah lebih besar. Hormon yang berlebihan ini dalam jangka panjang dapat merugikan.

Sebuah penelitian di tahun 1959 yang dipublikasikan dalam Journal of the American Medical Association menemukan orang-orang dengan kepribadian tipe A memiliki risiko lebih besar menderita penyakit jantung daripada orang-orang tipe B yang lebih penyabar.

Sebuah studi selama 10 tahun terhadap 200 pria muda di Kentucky, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa pria tipe A cenderung merokok lebih banyak dan semakin banyak selama studi itu. Mereka juga menunjukkan kenaikan tekanan darah. Kita tahu bahwa kedua faktor itu menambah risiko penyakit jantung.

Meskipun demikian, menurut penelitian di tahun 2006 ternyata pasien penyakit jantung yang memiliki kepribadian tipe D juga cukup banyak. Orang dengan kepribadian tipe D ditandai dengan kecenderungan untuk mengekspresikan emosi negatif dan sekaligus menghambat emosi tersebut dengan cara menghindari kontak sosial terhadap lingkungannya. Mereka juga mudah marah, mudah merasa cemas dan memendam permusuhan.

BACA JUGA : Pijatan Penghilang Stres

 


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X