'Ngunyah' Permen Karet Bikin Pintar?

Kompas.com - 12/08/2011, 12:01 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com – Craig Johnston peneliti asal AS, dari Baylor College of Medicine, Houston menemukan fakta yang unik tentang dari manfaat mengunyah permen karet. Menurutnya, kebiasaan mengunyah permen karet dapat meningkatkan prestasi akademik anak terutama dalam pelajaran matematika.   

Tim menemukan, siswa yang mengunyah permen karet selama kelas matematika memiliki skor lebih tinggi pada ujian matematika  dibandingkan siswa yang tidak mengunyah permen karet.

"Untuk pertama kalinya kami telah mampu menunjukkan bahwa siswa yang mengunyah permen karet mampu menyerap pelajaran lebih baik," kata Gil Leveille, direktur eksekutif dari Wrigley Science Institute.

Para peneliti di Baylor telah mengamati sekitar 108 siswa berusia 13 sampai 16 tahun dari sebuah sekolah di Houston, Texas. Sekitar setengah dari siswa tersebut mendapat permen karet bebas gula dan mengunyahnya selama berada di kelas, saat mengerjakan PR dan ujian. Detailnya, sebanyak 86 persen dikunyah ketika mereka di kelas matematika dan 36 persen saat mereka melakukan pekerjaan rumah (PR).

Setelah 14 minggu, peneliti menemukan ada perbedaan dalam nilai matematika antara kedua kelompok siswa. Pada siswa yang mengunyah permen karet mendapatkan nilai yang lebih baik di akhir semester dibandingkan mereka yang tidak mengunyah.

Sementara itu, penelitian lain menemukan mahasiswa di laboratorium yang diberi tugas komputer sulit memiliki tingkat hormon stres kortisol lebih rendah ketika mereka mengunyah permen karet dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Leveille berpikir permen karet dapat membantu mengurangi stres sehingga siswa dapat melakukan pekerjaan jauh lebih baik. Ia sadar bahwa banyak sekolah memiliki pandangan buruk terhadap siswa atau mahasiswa yang mengunyah permen karet di kelas. Namun ia berharap temuan ini bisa sedikit merubah pandangan tersebut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.