Ruam Kulit Pasti Alergi Susu?

Kompas.com - 13/08/2011, 10:20 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA Dok, saat usia 3 bulan anak saya mengalami gangguan pada kulit nya berupa bintik-bintik merah dan merata pada tubuhnya. Saya bawa ke salah satu RS di depok, dokter tersebut mengatakan anak saya mengalami alergi susu. Memang sejak lahir bayi saya sudah di beri susu formula karena saat ia lahir tidak diperbolehkan minum ASI karena saya mengalami pendarahan.   Sejak itu ia minum sufor tetapi saya tetap memberinya ASI meski frekuensinya sedikit. Yang saya mau tanyakan apakah benar dengan melihat kulit anak saya bintik merah dokter sudah bisa memastikan anak saya ada alergi susu? Kalaupun iya sampai kapan anak saya bisa minum susu yang tidak mengandung HA? Untuk makanannya, apa saya yang harus di asup oleh bayi yang mengalami alrergi susu? terima kasih dokter untuk waktunya. Umi (26), Depok

JAWAB : Sebenarnya perdarahan yang terjadi pada ibu bukan merupakan hambatan untuk memberikan si kecil ASI. Mengenai alergi protein susu sapi memang dapat dipikirkan apabila bayi yang mendapat sufor mengalami kondisi-kondisi seperti nafas/batuk yang produktif/grok-grok tanpa penyebab yang jelas seperti infeksi virus/radang tenggorokan, BAB berdarah/mencret, atau kemerahan di kulit tubuh. Terlebih jika kedua/salah satu orangtua mempunyai bakat alergi.

Pencegahannya sebenarnya paling baik adalah kembali mendapat ASi, namun bila tidak memungkinkan maka hindari sebisa mungkin mengkonsumsi sufor yang berasal dari susu sapi dan produk turunannya seperti keju, dan sebagainya. Sebagai pengganti dapat diberikan sufor yang terbuat dari kedelai (untuk bayi berusia 6 bulan keatas) atau sufor yang terhidrolisasi (hydrolisate formula).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.