Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lensa Katarak Murah Solusi Indonesia

Kompas.com - 16/01/2012, 23:39 WIB
Ingki Rinaldi

Penulis

PADANG, KOMPAS.com Lensa mata (intraocular lens) buatan Tilganga Institute of Ophthalmology di Nepal bisa menjadi solusi bagi penderita katarak di Indonesia. Harganya yang hanya 5 dollar AS mempermudah upaya pemberantasan kebutaan akibat katarak. Bandingkan dengan produk dari beragam perusahaan multinasional yang harganya 100 dollar AS.

Dokter ahli mata dari Tilganga Institute of Ophthalmology di Nepal, Sanduk Ruit, Senin (16/1/2012), mengatakan, masalah kebutaan akibat katarak yang banyak terjadi pada kelompok masyarakat miskin mesti diselesaikan. Ia menilai hal itu bukan hal yang sulit dilakukan, mengingat operasi katarak bukan sesuatu hal yang teramat rumit.

Sanduk baru saja menyelesaikan operasi katarak gratis yang difasilitasi lembaga amal Singapura-Indonesia, A New Vision, terhadap 666 penderita di RS Tingkat III dr Reksodiwiryo, Kota Padang, yang berada di bawah pengelolaan Detasemen Kesehatan Wilayah 01-04-04 Korem 032/Wirabraja. Ia menggunakan teknik sayatan kecil yang dikembangkannya dan membuat lama operasi hanya berkisar sekitar lima menit untuk setiap pasiennya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com