Pasta Gigi Beralkohol Bikin Gigi Keropos

Kompas.com - 29/05/2012, 11:51 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Menyikat gigi menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut. Namun, Anda tak bisa sembarangan saat menyikat gigi. Selain membutuhkan cara menyikat gigi dan jenis sikat gigi yang tepat, pasta gigi yang digunakan juga harus tepat.

"Kebanyakan orang hanya asal pilih pasta gigi, padahal kebanyakan pasta gigi mengandung alkohol di dalamnya," tukas Prof Dr drg Melanie Soedono, MBiomed, dalam acara "Formula Masquerade Ball" di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Alkohol digunakan untuk mempercepat penyerapan dan daya kerja berbagai bahan aktif dalam pasta gigi, seperti fluoride (penguat gigi), ke gigi. Biasanya alkohol yang digunakan adalah jenis ethanol yang bersifat karsinogenik (berbahaya dan bisa menyebabkan kanker). Padahal sebenarnya, kandungan alkohol ini tidak dibutuhkan oleh gigi dan mulut.

 

Setiap hari, setiap orang minimal menggosok gigi dua kali selama satu sampai dua menit. Meski sudah berkumur, sisa-sisa pasta gigi masih akan menempel di mulut. "Biasanya pasta gigi ini akan menempel di gusi, di sela-sela gigi, ataupun di lipatan lidah, dalam jangka waktu yang lama," tambahnya.

Alkohol memiliki sifat menyerap banyak air, sehingga adanya alkohol di sisa pasta gigi yang menempel bisa menyerap air di sekitar mulut, dan menurunkan produksi air liur. Akibatnya, mulut menjadi kering.

Alkohol juga memiliki sifat asam, sehingga ketika dicampur dalam bahan pasta gigi akan berakibat pada pengikisan enamel gigi. Pengikisan ini akan membuat gigi menjadi mudah rapuh dan keropos.

"Ketika mulut terasa kering setelah menggosok gigi, kemungkinan pasta gigi ini mengandung alkohol. Sebaiknya langsung ganti dengan pasta gigi lain yang lebih aman," sarannya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.