Kenapa Gigi Sering Berdarah Tanpa Sebab?

Kompas.com - 04/07/2012, 10:12 WIB
EditorAsep Candra

TANYA : 

Dok, saya mau bertanya, kenapa gigi saya suka berdarah sendiri tanpa sebab? Dan apabila sedang menyikat gigi terkadang keluar darah, tetapi tidak sakit. Saya menjadi takut saat menyikat gigi. Apakah pendarahan ini tidak berbahaya? Adakah cara yang bisa diatasi untuk mengatasi pendarahan ini?

(Nia, 23 tahun, Jakarta)

JAWAB :

Halo Nia, masalah gigi anda yang suka berdarah sendiri tanpa sebab, saya asumsikan gigi anda kondisinya berlubang (karena tidak dijelaskan dipertanyaannya). Gigi yang berdarah disebabkan adanya peningkatan permeabilitas pembuluh darah mikro pada ruang pulpa gigi (ruang yang berisi pembuluh darah dan saraf), akibat desakan aliran darah menuju ke pusat radang.

Hal ini bisa disebabkan oleh adanya iritan pada ruang pulpa, yaitu:

1.    Iritan mikroorganisme
Bakteri yang terdapat pada gigi yang berlubang akan menghasilkan toksin (racun), yang lama kelamaan akan menyebar keseluruh pembuluh darah dan saraf pada gigi. Hal inilah yang akan menyebabkan peradangan.

2.    Iritan mekanik
Misalnya pada prosedur pengeburan gigi yang terlalu dalam, trauma gigi, gerakan kawat gigi (ortodonsia), perawatan gusi yang terlalu dalam. Hal tersebut dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah pada gigi.

3.    Iritan kimia
Misalnya berbagai zat yang dipakai pada prosedur perawatan saluran akar gigi (perawatan endodontik) dapat bersifat toksik dan menyebabkan peradangan pada jaringan pulpa gigi.

Pada kasus anda, hal yang paling mungkin menyebabkan gigi berdarah tanpa sebab adalah akibat adanya mikroorganisme pada lubang gigi anda. Toksin (racun) yang menyebar begitu cepat dan ketahanan tubuh anda tidak mampu mentolerir, sehingga menyebabkan peradangan pada ruang pembuluh darah dan saraf gigi anda. Biasanya jika makanan masuk ke dalam lubang tersebut juga menimbulkan rasa nyeri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.