Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlalu Banyak Nonton TV Naikkan Risiko Terkena Diabetes

Kompas.com - 07/08/2012, 17:26 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

ADELAIDE, KOMPAS.com — Terlalu banyak duduk di depan televisi membuat warga lanjut usia (lansia) Australia menghadapi risiko terkena diabetes tipe 2. Risiko ini naik dalam setiap jam menonton.

Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Queensland, rata-rata warga Australia yang berusia di atas 60 tahun menonton televisi selama empat jam setiap hari. Hal ini satu jam lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa lain yang lebih muda.

Dan, para peneliti itu mengatakan, risiko para lansia ini terkena diabetes meningkat seiring dengan semakin lamanya mereka menonton televisi.

Peneliti utama Dr Paul Gardiner mengatakan, penelitian mengenai risiko diabetes terhadap para lansia jarang dilakukan sebelumnya, dan berbagai penelitian sebelumnya banyak memfokuskan pada jumlah waktu anak-anak menonton televisi.

Dr Gardiner mengatakan, untuk mengatasi hal ini, para lansia bisa mengombinasikan kegiatan lain sambil menonton televisi, misalnya dengan melipat baju.

"Melakukan kegiatan ringan mungkin bisa dilakukan para lansia guna meningkatkan kesehatan mereka, dan ini bagus terutama bagi mereka yang tidak bisa lagi melakukan kegiatan fisik yang lebih berat," kata Dr Gardiner, seperti dilaporkan oleh situs news.com.au.

Penelitian yang dilakukan Universitas Queensland ini melibatkan sekitar 2.000 lansia Australia. Dr Gardiner masih melanjutkan penelitian dengan membuat program pelatihan fisik bagi para lansia guna mengurangi lamanya mereka duduk setiap hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com