Kompas.com - 13/02/2013, 08:56 WIB
EditorAsep Candra

TANYA : 

Dok, saya saat ini saya sudah memakai kawat gigi.  Tetapi kawat ini dipasang oleh ahli gigi dan bukannya dokter spesialis. Masalahnya, sekarang gigi saya menjadi banyak karang gigi seperti “berkarat”. Bagaimana cara memperbaiki gigi saya yang “berkarat” ini dok?  Terima kasih atas jawabannya. 

(Uchie, 30, 157 cm, 60 kg, Lampung)


JAWAB :

Mbak Uchie yang baik,

Bagi pasien yang menggunakan kawat gigi, memang diperlukan pemeliharan rongga mulut yang lebih intensif dibandingkan dengan pasien yang tidak menggunakan kawat gigi. Sebab, di dalam rongga mulut pasien kawat gigi, terpasang alat-alat yang dapat menyulitkan pembersihan gigi secara mekanis.
Karang gigi yang timbul di dalam mulut anda setelah menggunakan kawat gigi, salah satunya disebabkan oleh pembersihan mekanis yang kurang optimal. Penyebab lainnya adalah adanya kesalahan prosedur pada saat pemasangan kawat gigi, yaitu tertinggalnya bahan perekat yang digunakan untuk memasang alat-alat ortodonti.

Oleh sebab itu, sebagai pengguna kawat gigi saya sarankan untuk menjaga kebersihan rongga mulut dengan cara:

1.    Melakukan penyikatan gigi 3 kali sehari (setelah sarapan, setelah makan siang dan sebelum tidur malam), dengan cara gerakan memutar kecil pada permukaan gigi depan, samping kiri dan kanan. Bagian atas (oklusal) gigi disikat dengan gerakan maju mundur. Sedangkan untuk bagian gigi yang menghadap langit-langit dan lidah disikat dengan gerakan menarik keluar. Tidak lupa bersihkan lidah anda dengan alat khusus pembersih lidah.

gigi1

Teknik menyikat gigi untuk pasien pengguna kawat gigi

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.