Kompas.com - 03/04/2013, 08:33 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Prof, saya ingin menanyakan masalah ereksi pada alat kelamin. Penis saya jika mengalami ereksi terasa ada patahan. Hal ini mungkin karena saya mengubah posisi penis ketika ereksi. Sedari usia kanak-kanak, posisi ereksi penis saya ke bawah namun di usia SMA saya suka menekuknya ke arah atas. Dari kebiasaan tersebut, terasa seperti ada patahan di bagian pangkal penis saya.  Saya agak sedikit takut dengan kondisi ini Prof, mohon penjelasan.  Apakah kekhawatiran saya ini wajar? Apa yang terjadi dengan alat kelamin saya?

(Andhika, 23, Jakarta)


JAWAB :

Sulit saya memastikan apa yang Anda alami tanpa melakukan pemeriksaan. Tetapi intinya begini. Penis pada umumnya tidak lurus benar ke depan. Biasanya ada kemiringan, mungkin ke samping atau ke arah lainnya.

Yang pasti dalam keadaan ereksi tidak terasa sakit dan kemiringannya tidak mengganggu fungsi ketika melakukan hubungan seksual. Dalam keadaan tertentu yang berifat patologis, misalnya karena infeksi, terjadi kemiringan penis yang berlebihan  dan terasa sakit ketika ereksi.

Saya sarankan Anda memeriksakan diri untuk memastikan apa yang sebenarnya Anda alami.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.