Kompas.com - 06/05/2013, 10:14 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Mohon informasi mengenai gangguan tidur yang saya alami. Sepanjang waktu, tidur saya sering mengalami mendusin (terbangun tiba-tiba). Dalam masa tidur, saya  bisa terbangun antara 2 sampai 3 kali semalam. Apakah kondisi ini dapat menganggu kesehatan saya ? Dan bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih.

(Yendie, 58, Jakarta)

JAWAB :

Harus diketahui terlebih dahulu apa penyebab Bapak sering terbangun di malam hari. Apakah karena Bapak mendengkur? Seringkali mendengkur menjadi penyebab kita terbangun di malam hari. 

Mendengkur bisa menjadi penyebab terjadinya henti nafas waktu tidur yang akan menggangu kesehatan bila dibiarkan karena dalam waktu lama dapat menyebabkan terjadinya hipertensi, DM, penyakit jantung koroner dll akibat berkurangnya kadar oksigen (O2)  akibat henti nafas sewaktu tidur tersebut.


Dijawab oleh : dr. Lanny S. Tanudjaja

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

 


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X