Kompas.com - 07/05/2013, 10:18 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Prof, saya adalah pria yang biasa berolahraga dengan intensitas  tinggi. Saya juga memiliki gaya hidup sehat tanpa rokok dan alkohol. Saya tidak mengkonsumsi gorengan dan hal hal lain yang dapat mengurangi kualitas maupun kuantitas sperma.  Tiga atau dua hari sebelum saya melakukan hubungan seks, saya biasanya onani. Dan di hari ketika saya berhubungan seks, saya mengalami 2 kali ejakulasi. 

Setelah ejakulasi pertama, saya istirahat dalam waktu sekitar 25-30 menit, setelah itu saya melanjutkan kembali melakukan penetrasi hingga mencapai orgasme kedua. Pertanyaan saya, apakah mungkin pada saat ejakulasi yang kedua sperma saya dari segi kualitas dan kuantitas dapat memenuhi syarat terjadinya pembuahan ? Lalu bagaimana perbandingan kualitas dan kuantitas sperma saya ketika orgasme yang pertama dan orgasme kedua? Bagaimana pengaruh kegiatan onani saya 2-3 hari sebelum kegiatan seksual tersebut terhadap kualitas dan kuantitas sperma saya? Mohon penjelasaanya. Terimakasih.

(Hendri, Mangupura)

JAWAB :

Ada dua hal yang perlu Anda jelaskan berkaitan dengan pertanyaan Anda. Pertama, mengapa Anda harus melakukan masturbasi dua tiga hari sebelum melakukan hubungan seksual? Kedua, apa tujuan Anda melakukan hubungan seksual dua kali? Kalau apa yang Anda lakukan itu dikaitkan dengan keinginan agar istri hamil, saya pikir itu tidak benar.

Pembuahan hanya mungkin terjadi kalau hubungan seksual dilakukan pada saat subur istri. Di luar saat subur istri, kehamilan tidak mungkin terjadi. Dengan melakukan hubungan seksual dua kali pada hari yang sama, tentu saja kondisi sperma pada ejakulasi kedua kurang baik dibandingkan yang pertama.

Jadi kalau Anda ingin istri hamil, kondisi kesuburan Anda dan istri harus baik dulu. Hubungan seksual yang dilakukan pada saat subur istrilah yang akan menghasilkan kehamilan. Harap diketahui, tidak ada jaminan orang yang rajin berolahraga pasti kesuburannya baik. Masalahnya, banyak faktor yang dapat mengganggu kesuburan, baik pada pria maupun perempuan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.