Kompas.com - 27/05/2013, 10:17 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
Saya mempunyai anak perempuan berusia 2 tahun dan diasuh oleh ibunya sendiri, alhamdulillah perkembangan fisiknya normal. Tetapi akhir-akhir ini anak saya punya kebiasaan menempelkan alat kelaminnya pada bantal, lantai bahkan dinding. Pertanyaan saya : Apakah perilaku anak saya tersebut wajar (anak saya tidak mengalami keluhan sakit pada kelaminnya), Bagaimana cara mengatasi/mengurangi kebiasaan anak saya tersebut ? Terima kasih atas bantuannya.
 
Arif, Gresik

JAWAB :
Kebiasaan seorang anak menempelkan bagian alat kelaminnya ke benda-benda seperti bantal, guling, kasur, atau yang lainnya dan si kecil tampak menyukainya dapat dikategorikan sebagai masturbasi. Hal ini dapat saja terjadi pada si kecil.

Jangan menghakiminya seperti melarang keras sambil memarahinya apalagi sampai diberikan hukuman fisik, karena hal itu akan makin membuatnya merasa sangat bersalah, tertekan atau depresi.

Sebaiknya alihkan perhatiannya secara baik-baik dan sabar disaat ia mulai melakukan kebiasaannya tersebut. Ajak dia untuk bermain dengan permainan yang lebih menarik dibandingkan dengan kegiatan tersebut. Lambat laun si kecil akan dapat menghilangkan kebiasaan tersebut dengan sendirinya saat ia menemukan kegiatan lain yang lebih menyenangkan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.