Kompas.com - 10/06/2013, 10:52 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Meski sudah menjadi bagian dari gaya busana sehari-hari, ternyata masih banyak wanita yang belum mengerti cara memilih ukuran bra yang tepat. Padahal, ukuran bra yang salah bisa memicu berbagai gangguan kesehatan.

Walau kelihatannya tidak berhubungan, tetapi ukuran bra yang salah bisa menyebabkan luka di kulit, nyeri otot, bahkan rasa tak nyaman di pencernaan.

Menurut penelitian, sekitar 4 dari 5 wanita memakai ukuran bra yang salah karena tidak memperhitungkan lebar punggung. Kebanyakan hanya mempertimbangkan ukuran mangkuk (cup) saja.

Lorna Mills, chiropractor dari Odham, Inggris, mengatakan, kebanyakan wanita datang padanya dengan keluhan yang sama.

"Biasanya bahu sakit, punggung membungkuk, dan gangguan pencernaan karena diafragma dan paru-paru tertarik. Di kulit terlihat jejak pakaian dalam, tanda ini merupakan gejala kesalahan penggunaan bra," ujarnya.

Lorna mengatakan, kebanyakan wanita menggunakan bra dengan ukuran cup terlalu besar. Akibatnya, tali bra harus dikencangkan sehingga bahu dan leher tertarik. Punggung jadi membungkuk sehingga timbul rasa tidak nyaman.

Tali yang terlalu kencang juga menyebabkan tekanan di sekitar perut dan area bawah esofagus. Jaringan di sekitar area tersebut tertarik ke arah yang tidak sebenarnya.

Richard Moore, terapis pijat kedokteran, mengatakan, pada banyak kasus keluhan seputar tulang punggung dan leher wanita berhubungan langsung dengan kesalahan penggunaan bra.

Kesalahan mengakibatkan postur tubuh memburuk, sakit, dan tegang di area tertentu. "Bra tradisional sering kali terlalu ketat di area tulang rusuk. Akibatnya, ada area di bagian tengah tulang yang terbagi menjadi dua," kata Moore.

Kurangnya sokongan pada area depan juga bisa menyebabkan punggung bawah maju, dan untuk menyeimbangkannya, sebagian wanita menarik kepalanya terlalu ke belakang.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.