Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/06/2013, 09:37 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Kram perut yang kerap menyertai siklus menstruasi bukan hanya menghalangi kelancaran aktivitas tapi juga menyiksa akibat rasa sakit yang terus mendera. Meski demikian, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi rasa nyeri perut.

Iris F. Litt, penulis buku "Taking Our Pulse: The Health of American Women" mengatakan, kram terjadi akibat adanya kontraksi di uterus yang terjadi untuk meluruhkan lapisan tertentu di rahim lantaran tidak adanya pembuahan.

Ada beberapa cara untuk mengatasi kram perut menstruasi. Namun untuk memperoleh hasil yang cepat dan optimal, cara-cara berikut mungkin dapat membantu Anda.

1. Kompres
Berbaringlah dan taruh kompres bersuhu hangat di sekitar perut bawah. Gunakan kompres selama sekitar 15 menit untuk membantu menghilangkan tekanan dan nyeri perut.

2. Konsumsi obat
Obat yang mengandung senyawa anti-inflamasi dapat mengurangi rasa sakit. Pilihlah obat anti-inflamasi nonsteroid untuk mengurangi rasa nyeri kram. Obat tersebut bekerja dengan cara menghalangi prostaglandin penyebab nyeri. Obat dapat dibeli bebas ataupun melalui resep dokter.

3. Yoga
Pose-pose yoga tertentu dapat membuat tubuh rileks dan melenturkan otot-otot sekitar perut. Bernapas dalam-dalam selama melakukan pose yoga juga dapat membantu otot untuk rileks, termasuk otot uterus.

4. Olahraga
Olahraga ringan seperti berjalan dan berenang dapat membantu meningkatkan aliran oksigen di seluruh tubuh sehingga membuat otot rileks.

5. Kurangi konsumsi produk susu
Mengurangi konsumsi produk susu seperti keju, yogurt, dan es krim selama menstruasi juga dapat mengurangi kram dan nyeri menstruasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com