Kompas.com - 06/07/2013, 11:32 WIB
virus corona bbc.co.ukvirus corona
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membentuk komite yang terdiri dari para pakar untuk menangani virus corona di Timur Tengah (Middle East Coronavirus/MERS) yang terus memburuk.

Pakar influenza dari WHO, Keiji Fukuda, mengatakan, saat ini korban jiwa akibat MERS sudah mencapai 40 orang.

Meski saat ini belum ada pandemi, tetapi para pakar akan dimintai pendapat untuk penanganan virus baru ini jika jumlah korbannya mendadak naik.

Kebanyakan kasus MERS sejauh ini hanya terjadi di Arab Saudi, di mana setiap tahunnya jutaan umat Muslim dari seluruh dunia datang untuk beribadah haji.

"Kami ingin memastikan ada prosedur tindakan cepat jika memang diperlukan," kata Fukuda.

Ia menjelaskan, jika pada masa mendatang ada ledakan penularan atau wabah yang besar, situasinya akan berubah dengan cepat. "Kami sudah memiliki komite ahli yang siap melakukan tindakan segera," katanya.

Komite darurat ini adalah komite kedua yang dibentuk oleh WHO setelah pada tahun 2009 dibentuk komite penanganan pandemi H1N1. Fukuda mengatakan, infeksi MERS sejauh ini belum bisa menular antar-orang seperti halnya influenza.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X