Kompas.com - 10/07/2013, 11:08 WIB
EditorAsep Candra


TANYA :

Dok saya baru menikah beberapa hari lalu. Saya belum sempat berbulan madu dengan istri karena kesibukan kerja. Suatu ketika, di penis saya timbul bintik-bintik merah. Setelah dicek ke dokter, saya terkena herpes genital, dokter memberi saya obat untuk dihabiskan selama 1 minggu, dan kini herpes itu sudah mulai kering dan mau sembuh. Padahal, saya belum pernah berhubungan badan sebelumnya. Hanya ketika remaja, saya pernah kena herpes, tapi di paha kanan saya.

Yang menjadi pertanyaan ;  1. Saya ingin sekali punya anak dok, apakah saya boleh berhubungan badan dengan istri?  2.Bagaimana caranya agar istri saya tidak tertular?  Dan misalkan istri saya nanti hamil, apakah janinnya bisa lahir dengan sehat dan normal ? Menurut dokter solusi apa yang terbaik yg harus saya lakukan untuk saya dan istri saya.  Terimakasih

(Fery Susanto, 25, Jakarta)

 

JAWAB :


Kalau benar itu herpes genitalis, berarti penularan melalui hubungan seksual. Kalau Anda belum sembuh, maka Anda dapat menulari istri Anda kelak.

Oleh karena itu, pastikan Anda telah sembuh. Untuk itu diperlukan pemeriksaan darah, tidak cukup hanya dengan melihat ada atau tidaknya penyakit pada kelamin.

Kalau Anda sudah sehat, tentu istri tidak akan tertular virus itu. Saya sarankan Anda dan istri memeriksakan diri ke dokter, termasuk pemeriksaan laboratorium.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.