Kompas.com - 12/07/2013, 13:05 WIB
EditorAsep Candra


TANYA :

Dok saya gadis berusia 26 tahun.  Saya belum tahu persis penyakit apa yang saya alami.  Tetapi gejala yang saya rasakan ingin selalu berkemih tapi sedikit-sedikit. Dalam sehari tak terhitung berapakali berkemih. Saya sudah ke dokter kandungan dan dokter umum,, dokter kandungan tdk menemukan masalah di kandung kemih saya, dokter umum mengatakan kalau saya menderita infeksi rongga panggul. Tapi setelah diberi obat sama sekali tidak ada perubahan.  Saya juga udah memeriksakan ginjal ke laboratorium pnamun hasilnya ginjal saya baik-baik saja. Masalahnya, semakin hari saya semakin parah bahkan saat ini disertai rasa mual dan air kencing menetes sendiri seperti darah pada saat menstruasi.  Sering juga disertai rasa nyeri di bagian selangkang paha sebelah kanan, bahkan rasa panas di punggung saya  seperti rasa terbakar. Mohon solusinya dok...

(Purnama Sari, 258 cm, 45 kg, 26 tahun, Kendari)

 

JAWAB :


Sdr Purnama Sari di Kendari

Untuk menjawab pertanyaan Saudari yang lebih baik, saya sebetulnya ingin tahu "apakah ada rasa nyeri  yang Anda alami waktu buang air kecil itu, apakah anda pernah mengalami infeksi saluran kemih sebelumnya? Apakah buang air Anda juga disertai cairan lain yang tidak normal,  apakah menjalar ke pinggang, sudah berapa lama, dan sebagainya"

Dengan informasi terbatas yang Anda sampaikan, saya tidak dapat memastikannya. Walaupun demikian, dari informasi yang terbatas ini, kemungkinan yang Anda alami kemungkinan besar adalah adanya batu pada kandung kemih Anda, atau bisa juga karena infeksi kandung kemih.

Walau begitu untuk memastikannya sebaiknya Anda seera berkonsultasi  dengan dokter spesialis penyakit dalam (internist) setempat. Biasanya, akan dilakukan pemeriksaan darah, urin, USG dan bisa juga pemeriksaan di daerah abdomen (BNO-IVP)

Saya kira itu yang dapat sampaikan.  Semoga berkenan..

Terimakasih

Wassalamualaikum

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.