Kompas.com - 28/08/2013, 10:56 WIB
Tidur yang berkualitas merupakan penunjang kesehatan yang penting. shutterstockTidur yang berkualitas merupakan penunjang kesehatan yang penting.
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com — Setelah berhari-hari kurang tidur karena baru bisa menyelesaikan kesibukan sampai malam, banyak orang menganggap akhir pekan sebagai waktu paling tepat untuk membayar "utang" tidur. Tetapi, efektifkah cara tersebut?

Dalam sebuah penelitian, terbukti bahwa menambah jam tidur di akhir pekan tidak memberikan manfaat yang berarti untuk mengganti jam tidur yang kurang sebelumnya.

Para peneliti dari Penn State Hershey Medical Center melakukan pengukuran kemampuan penyelesaian masalah, kemampuan motorik, dan reaksi para subyek penelitian.

Orang yang diteliti adalah mereka yang selama enam hari berturut-turut hanya tidur 6 jam setiap malam, kemudian di akhir pekan (selama tiga hari berturut-turut) tidur 10 jam.

Meski menambah jam tidur akan mengurangi perasaan mengantuk, fungsi-fungsi lain tidak bisa kembali normal.

Penambahan jam tidur di akhir pekan hanya membalikkan efek negatif dari menurunkan fungsi kognitif akibat kurang tidur secara sebagian. Dalam jangka panjang hal ini tentu berpengaruh pada kesehatan.

Meski begitu sebagian pakar tidur menilai, kebutuhan tidur setiap orang bersifat individual dan dipengaruhi oleh genetik, usia, kondisi medis, dan faktor lingkungan. Kualitas tidur juga berpengaruh besar. Meski tidur kurang dari 7-8 jam setiap malam, jika tidurnya nyenyak dan berkualitas, maka hal tersebut jauh lebih baik ketimbang orang yang tidur 8 jam tetapi sebentar-sebentar terbangun.


Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X