Kompas.com - 01/02/2014, 10:52 WIB
EditorWardah Fajri
Tanya:
Pagi dr Achmad. Saya seorang ibu dari tiga anak. Saya sering mengalami keputihan, kadang merasakan kram di bawah perut dan kadang disertai flek darah yang encer. Tetapi saya belum pernah ke dokter untuk memeriksanya. Yang ingin saya tanyakan apa yang harus saya lakukan? Saya menderita sakit apa, dan saya harus memeriksakan diri saya ke dokter bagian apa? Terima kasih dr Achmad.
Elia, 37, Tangerang

Jawab:
Ibu Elia Yth,
Untuk ibu yang sudah punya tiga anak dan umur diatas 35 tahun, sangat dianjurkan untuk pap smear secara teratur. Untuk mengetahui keputihannya normal atau tidak, memang harus pap smear. Apalagi keputihan yang disertai dengan perdarahan. Segera saja ibu ke dokter kandungan. Semoga segera diketahui penyakitnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.