Kompas.com - 24/02/2014, 09:10 WIB
|
EditorAsep Candra

KOMPAS.com – Junk food umum diketahui sebagai makanan yang tak memiliki kandungan nutrisi. Namun junk food tampaknya menjadi pelarian ketika mood memburuk.
 
Hal ini ditegaskan riset yang membuktikan seseorang cenderung menggonsumsi junk food ketika suasana sedang tidak enak. Kondisi ini berkebalikan saat seseorang sedang dalam mood yang baik.
 
Peneliti menemukan, mereka yang moodnya positif lebih cenderung memilih asupan bernutrisi dan keinginan hidup lama. “Mood positif membuat seseorang berfikir tentang masa depan lebih jelas,” kata pimpinan tim riset Meryl Gardner.
 
Menurut tim peneliti, kondisi ini merupakan bagian dari pola pikir. Mood baik cenderung membuat seseorang berfikir tentang masa depan dan menyadari manfaat mengkonsumsi asupan bernutrisi.   
 
Peneliti yang berasal dari University of Delaware menyimpulkan, waktu akan menolong seseorang membuat pilihan yang lebih baik. Kesimpulan ini diambil dari riset yang dilakukan untuk mengetahui, apakah seseorang sedang dalam mood baik saat memilih makanan sehat, atau dalam mood buruk saat memilih junk food sebagai reward.   
    
Menurut Gardner saat sedang bad mood, seseorang cenderung memilih apa yang singkat dan dekat dengan dirinya. Gardner juga mengatakan, seseorang dalam kondis bad mood cenderung memilih makanan yang mudah dikonsumsi, memberi penghargaan, dan lebih efektif serta tidak berbahaya untuk memperbaiki kondisi moodnya. Alternatif lain adalah dengan berbicara pada teman atau mendengar musik.
 
“Hal tersebut merupakan bagian dari evolusi manusia. Ketika seseorang merasa tak nyaman atau bad mood, kita tahu sesuatu salah dan fokus pada sesuatu yang dekat secara fisik dan bisa diperoleh sekarang,” ujar Gardner.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber dailymail

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.