5 Pekerjaan Paling Berisiko bagi Kesehatan

Kompas.com - 24/02/2014, 17:30 WIB
Ilustrasi duduk di meja kantor ShutterstockIlustrasi duduk di meja kantor
|
EditorAsep Candra


KOMPAS.com —
Semua pekerjaan memiliki risiko masing-masing. Namun, ada jenis-jenis pekerjaan tertentu yang memiliki risiko paling besar, khususnya bagi kesehatan. Misalnya, pekerja yang terpapar senyawa kimia mengalami peningkatan risiko kanker karena sifat karsinogenik dari paparan tersebut.

Di samping itu, ada pula pekerjaan yang berisiko penyakit lain yang mungkin tidak disadari. Berikut merupakan pekerjaan yang mungkin paling berisiko bagi kesehatan.

1. Petani

Meski bertani termasuk pada pekerjaan aktif sehingga memiliki risiko rendah untuk mengalami penyakit jantung, kanker paru-paru, esofagus, kandung kemih, dan usus besar, tetapi petani juga berisiko penyakit.

Menurut National Cancer Institute, petani paling berisiko untuk penyakit seperti leukimia, limfoma non-Hodgkin, myeloma, sarkoma, kanker kulit, bibir, perut, otak, dan prostat.

Ini karena petani terpapar senyawa kimia dari pestisida, emisi mesin, pupuk, fungisida, dan bahan bakar, termasuk virus binatang dan debu. Karena itu, petani perlu lebih mewaspadai paparan tersebut dengan memakai perlindungan yang lengkap sebelum mulai bekerja.

2. Pekerja konstruksi

Alat-alat berat serta benda-benda konstruksi bukan satu-satunya sumber bahaya. Menurut American Lung Association, di AS saja, sekitar 1,3 juta pekerja konstruksi terpapar asbestos dan serat halus dalam waktu lama yang membahayakan paru-paru. Kondisi tersebut dapat memicu kanker di kemudian hari.

Maka pekerja konstruksi pun perlu lebih sering berkonsultasi kepada dokter, sekaligus mendapat penampisan terhadap kanker paru-paru, sekaligus penyakit paru-paru lainnya.

3. Pemadam kebakaran

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber menshealth
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X