Kompas.com - 01/03/2014, 16:34 WIB
EditorWardah Fajri

Tanya:

Dok selama ini saya mengonsumsi tomat sebagai sumber vitamin C. Saya mengonsumsinya dengan cara direbus lalu dicampur gula. Apakah khasiat tomat yang ada di dalamnya tidak rusak? Dan manfaat apa saja yang saya peroleh? Terima kasih.
Dian, 25, Malang.

Jawab:
Dear, Dian
Terima kasih kembali pertanyaannya.
Tomat merupakan salah satu buah kaya antioksidan. Adapun antioksidan yang terutama dalam tomat adalah likopen selain vitamin C. Likopen adalah sejenis antioksidan yang memiliki kekuatan membersihkan radikal bebas 10 kali lebih kuat dibanding vitamin E dan 2 kali lebih kuat dari β-karoten.

Uniknya, likopen ini baru akan memberikan efek baik bagi tubuh jika dipanaskan dan tentunya proses pemanasan ini akan merusak vitamin C yang terkandung di dalamnya.

Namun Dian jangan khawatir karena efek antioksidan dari likopen terhadap radikal bebas masih lebih baik dibanding vitamin C. Oleh karena itu, cara mengonsumsi tomat yang paling baik adalah dengan tetap dipanaskan terlebih dahulu. Lalu manfaat apa saja yang Dian peroleh dengan mengonsumsi buah tomat? Jika dilihat dari kandungannya, tomat mengandung :

* Kalori yang cukup rendah sekitar 18 kkal/100 gr, oleh karena itu buah tomat sangat dianjurkan bagi mereka yang ingin diet untuk menurunkan berat badan.

* Cukup mengandung serat, sekitar 1 gr/100 gr tomat. Oleh sebab itu baik dikonsumsi untuk memperlancar buang air besar bagi mereka yang sembelit.

* Sumber utama likopen, antioksidan yang bisa membersihkan efek negatif radikal bebas sehingga baik untuk mencegah penyakit kanker, terutama kanker prostat, paru, ovarium, usus, selain kebersihan kulit.

* Kandungan air pada tomat tinggi sekitar 95 gr/100 gr tomat sehingga memberikan efek mengurangi kekeringan pada kulit.

Demikian beberapa efek buah tomat bagi tubuh. Jadi jangan khawatir, cara Dian mengonsumsi tomat sudahlah benar. Yang harus Dian perhatikan adalah banyaknya gula yang ditambahkan dalam tomat yang sudah direbus tadi. Mengingat tambahan gula tetaplah karobidrat simplex yang sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.