Kompas.com - 03/04/2014, 15:45 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Bau badan memang membuat kita tidak nyaman. Meski bagi sebagian besar orang bau badan adalah hal yang normal, yakni interaksi antara keringat dan bakteri di kulit, tapi bau badan juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit.

Bau badan yang menjadi pertanda penyakit tentu berbeda dengan bau badan biasa yang gampang dihilangkan setelah kita mandi atau memakai deodoran.

Ada beberapa penyakit tertentu yang bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan aroma tidak sedap. Salah satunya adalah trimethylaminuria (TMAU). Penyakit ini cukup langka karena hanya diderita 1 dari 200.000 orang.

"Gangguan metabolik seperti TMAU bisa menimbulkan bau badan yang berbeda-beda pada tiap orang. Pada kasus yang paling buruk seseorang akan mengeluarkan aroma amis atau seperti sampah," kata George Preti, ahli kimia organik yang banyak meneliti bau badan.

Gangguan metabolik lainnya yang bisa memicu bau badan adalah diabetes dan penyakit liver. Selain bau badan terkadang juga bau mulut tidak sedap. Namun, gejala tersebut biasanya baru muncul ketika penyakitnya sudah pada tahap yang berat.

Di Amerika Serikat terdapat beberapa organisasi yang melatih anjing untuk mendeteksi penyakit lewat bau badan seseorang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.