Kompas.com - 10/04/2014, 09:37 WIB
EditorLusia Kus Anna


TANYA:

Saya sedang hamil anak pertama, saat ini kehamilan saya masuk 12 minggu. Setiap hari saya berangkat ke kantor dengan dibonceng sepeda motor oleh suami. Kantor dan rumah berjarak 15 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Sejauh ini saya merasa tidak masalah dengan naik motor dan hasil USG menunjukkan kehamilan saya sehat. Tetapi, sebenarnya saya takut dengan efek polusi kendaraan karena setiap hari selalu macet. Apakah sebenarnya efek samping polusi pada bayi, Dok? Bagaimana cara menjaga kehamilan saya tetap sehat meski tiap hari terpapar polusi? Terima kasih.
 
(Alifah, Jakarta Timur).

JAWAB:

Ibu Alifah Yth,
Saya sangat menghargai pertanyaan ibu. Hal inilah yang setiap hari saya bahas dengan pasien saya yang hamil. Kondisi polusi di Jakarta memang sangat memprihatinkan. Namun, keadaan yang mengharuskan kita menghadapinya.

Selama hamil, saya sarankan ibu memakai masker yang baik dan memakai helm. Upayakan banyak minum dan olahraganya renang Karena air sangat membantu mengurangi risiko polusi. Makanlah dengan gizi yang baik, terutama protein, sayuran, dan buah.

Pada hari Sabtu dan Minggu kalau bisa ibu tidak naik motor. Selanjutnya pantau terus perkembangan kehamilannya. Setelah lahir, upayakan untuk ASI sampai 2 tahun. Semoga segala risiko yang didapat bisa diminimalkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.