Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/05/2014, 09:59 WIB

KOMPAS.com - Kanker memang bisa diderita siapa saja, tak peduli tingkat pendidikan atau pun besar kecilnya penghasilan. Tetapi menurut studi teranyar, ada kaitan antara tipe kanker dan status sosial ekonomi.

Ada beberapa jenis kanker yang ternyata lebih sering diderita orang yang tinggal di kawasan elit dibandingkan dengan orang yang tinggal di pemukiman biasa. Demikian pula sebaliknya.

Studi yang dimuat dalam jurnal CANCER ini didasarkan pada lebih dari 3 juta tumor yang terdiagnosa pada pasien yang tinggal di 16 negara bagian dan Los Angeles, AS, antara tahun 2005-2009.

Para peneliti mengamati tingkat kemiskinan dari alamat tempat tinggal tiap pasien dan mengelompokkan empat jenis tumor berdasarkan tingkat ekonomi pasien.

Jenis kanker laring (tenggorokan), serviks, penis, dan liver, demikian juga Kaposi sarkoma, lebih sering diderita mereka yang tinggal di pemukiman mewah. Sementara itu risiko kanker testis, tiroid, dan kanker kulit melamona, lebih banyak dialami pasien dari area pemukiman miskin.

Selain itu, tingkat sosial ekonomi ternyata juga berkaitan dengan insiden kanker dan juga risiko kematian akibat penyakit ini.

Kanker ternyata lebih sering dialami mereka yang tingkat ekonominya rendah dan angka kematiannya juga lebih tinggi dibandingkan dengan pasien yang status sosialnya lebih tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com