Kompas.com - 05/06/2014, 15:37 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Sakit tenggorokan menyebabkan nyeri dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Sakit yang bisa dialami oleh orang segala usia ini umumnya disebabkan oleh virus dan bisa sembuh sendiri.

Namun penyakit ini bisa juga disebabkan oleh infeksi bakteri yang berarti membutuhkan terapi supaya sembuh. Nah, itulah mengapa sebagian sakit tenggorokan yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi, seperti ruam, bahkan peradangan ginjal. Berikut selengkapnya, komplikasi yang mengancam saat sakit tenggorokan tidak diobati.

1. Radang amandel
Orang dengan sakit tenggorokan mungkin akan mengalami komplikasi yang menyerang amandel, kelenjar getah bening yang berada di atas tenggorokan. Amandel membantu tubuh untuk menyaring mikroorganisme yang mencegah infeksi.

Infeksi bakteri yang berlangsung terus menerus akan mengganggu kerja bakteri sehingga menyebabkannya membengkak dan meradang. Umumnya, untuk mengatasinya dokter menggunakan antibiotik.

2. Demam scarlet
Sakit tenggorokan yang tidak diobati dapat berujung pada demam scarlet. Menurut National Institute of Allergy and Infectious Disease (NIAID), demam scarlet terjadi saat gejala sakit tenggorokan tidak segera dihentikan. Demam scarlet ditandai dengan ruam yang terasa seperti pasir saat disentuh. Warna kulit yang terkena akan menjadi merah tua.

3. Nefritis glomerulus
Menurut Medline Plus, ketika tidak diterapi, bakteri penyebab sakit tenggorokan akan menginfeksi ginjal sehingga terjadilah peradangan pada ginjal. Penyakit tersebut dicirikan dengan penurunan jumlah urine, terdapat darah pada urine, pembengkakan pada perut, wajah atau mata, dan bagian tubuh bawah, seperti kaki atau betis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber LiveStrong
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.