Kompas.com - 08/06/2014, 10:38 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kemampuan bicara dan berbahasa adalah hal yang penting untuk mendukung kecerdasan anak. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kemampuan krusial ini terganggu.

Walau pada banyak kasus anak terlambat bicara karena kurangnya stimulasi dari lingkungan di sekitarnya, namun ada beberapa gangguan medis yang juga berkontribusi pada tertinggalnya kemampuan bicara anak.

Anak terlambat bicara bisa disebabkan karena kelainan pada mulut anak (oral motor), seperti gangguan langit-langit mulut serta lidah terlalu pendek yang berbuntut pada terhambatnya gerakan lidah untuk menghasilkan kata.

Masalah oral-motor juga menyebabkan komunikasi di area otak yang bertugas menghasilkan kata-kata menjadi tidak efisien. Ini akan membuat anak kesulitan menggunakan dan mengoordinasikan bibir, lidah, dan rahang, untuk memproduksi bunyi kata-kata. Anak yang memiliki masalah oral-motor juga biasanya mengalami kesulitan makan.

Gangguan pendengaran seringkali jadi penyebab anak kesulitan berbicara. Karena itu saat melakukan pemeriksaan tumbuh kembang, biasanya ahli patologis bicara akan melakukan tes pendengaran terlebih dulu.

Gangguan tumbuh kembang secara umum, seperti autisme, retardasi mental, atau cerebral palsy juga bisa menyebabkan kemampuan anak berkomunikasi terganggu.

Konsultasikan pada dokter anak ahli tumbuh kembang agar bisa dilakukan tindakan yang tepat sehingga perkembangan kemampuan bicara anak dapat sesuai dengan perkembangan usianya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.