Kompas.com - 10/06/2014, 17:14 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kehidupan modern membuat kita hampir selalu dikelilingi dengan zat-zat kimia. Mulai dari pestisida dalam makanan yang kita asup, gadget, furnitur, hingga produk kosmetik. Semua mengandung zat-zat yang bisa bersifat toksik pada tubuh.

Beberapa zat kimia seperti bisphenol A (BPA), formaldehyde, phtalates, dan lain sebagainya, sangat mudah diserap tubuh dan diduga kuat memicu berbagai gangguan medis, seperti obesitas, asma, kanker, atau kesulitan punya anak. Zat kimia beracun terutama lebih berbahaya pada anak-anak karena tubuh mereka masih berkembang.

Memang tak mungkin menghindari zat-zat kimia, tetapi ada yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kadar toksisitasnya dalam tubuh.

1. Makan organik
Cara terbaik untuk menghidari paparan pestisida pada makanan adalah dengan memilih produk organik. Selain buah dan sayuran, saat ini juga tersedia produk daging dan susu organik.

2. Baca label
Salah satu sumber terbesar zat kimia adalah pada produk perawatan tubuh dan kosmetik. Zat-zat kimia tersebut didesain agar bisa menyerap dengan cepat dan mudah melalui kulit. Anda bisa memilih produk yang bebas paraben dan phthalate.

3. Olahraga
Zat kimia toksin biasanya disimpan dalam tubuh dan salah satu cara efektif untuk memecahnya sel lemak dan membuang zat kimia adalah lewat olahraga rutin.

4. Lupakan detoks
Menurut Rick Smith, penulis buku Toxin Toxout: Getting Harmful Chemicals Out of Our Bodies and Our World, detoksifikasi sebenarnya tak terlalu efektif membuang racun. Menurutnya, berkeringat lebih efektif untuk mengeluarkan zat kimia BPA ketimbang melalui urine.

5. Kurangi lemak jenuh
"Banyak zat kimia toksik yang terikat ke lemak, begitu zat kimia ini ada dalam tubuh, mereka masuk dalam sel lemak," kata Smith. Cobalah untuk mulai mengurangi asupan lemak jenuh seperti daging atau gorengan.

6. Memilih produk pembersih
Saat ini kita mungkin menggunakan lebih dari 10 produk pembersih di rumah. Padahal, zat kimia tersebut bersifat toksik jika terhirup, terutama oleh anak-anak. Anda bisa mengganti beberapa bahan pembersih dengan yang lebih alami, misalnya baking soda atau cuka.

7. Hindari plastik
Pilihlah produk berbahan beling ketimbang plastik. Selain itu hindari memasukkan bahan plastik ke dalam microwave atau pemanas lain karena zat kimia BPA bisa terserap dalam makanan. Selain itu, piranti masak berbahan stainles steel lebih disarankan daripada bahan antilengket.

8. Cukup air
Air adalah cara terbaik untuk menyingkirkan toksin dari tubuh. Minumlah air minimal 2 liter setiap hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Sumber Foxnews
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.