Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Datang Bulan

Kompas.com - 10/07/2014, 13:47 WIB
Silvita Agmasari

Penulis



KOMPAS.com - "Tamu bulanan" biasanya mendatangkan sejumlah gejala, antara lain membuat mood  mudah naik turun,  malas bergerak dan nafsu makan meningkat. Memang tak ada salahnya mengkonsumsi makanan lebih banyak pada periode menstruasi, yang tidak tepat adalah makan banyak tanpa memperhatikan kandungan makanan tersebut. Biasanya ini adalah penyebab berat badan malah bertambah ketika selesai datang bulan.

1. Sayuran dan buah-buahan
Buah-buahan serta sayuran adalah makanan paling baik untuk dikonsumsi. Begitupula saat Anda menstruasi. "Gula yang terkandung secara alami pada buah-buahan, akan memenuhi kebutuhan gula yang tinggi saat Anda datang bulan" ujar Tari Rose, ahli kebugaran.

2. Hindari minuman mengandung kafein
Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein akan membuat perut menjadi makin kembung dan perih. Kandungan kafein merangsang asam lambung dan usus yang lebih  sensitif saat datang bulan.

3. Makan makanan berkalsium tinggi
Menurut konselor gizi dan kesehatan Latham Thomas, perempuan memerlukan setidaknya 1.200 miligram kalsium setiap harinya. Anda dapat mengkonsumsi brokoli, yogurt, atau makanan berkalsium tinggi lainnya untuk memenuhi kebeutuhan kalsium tersebut.

4. Hindari makanan yang terlalu asin
Tubuh kita memang membutuhkan garam, tetapi makanan yang mengandung terlalu banyak garam seperti makanan cepat saji dan makanan yang diproses berbahaya bagi tubuh. Jumlah yang direkomendasikan oleh para ahli adalah 2.300 miligram perhari atau setara dengan 1 sendok teh penuh.

5. Cokelat
Makan cokelat, terutama cokelat hitam yang mengandung 60 persen kandungan biji kokoa tiap hari selama Anda datang bulan sangat dianjurkan. Cokelat akan membantu mengurangi nyeri saat datang bulan, dan antioksidan yang ada pada coklat akan membatu mood  menjadi gembira.

6. Makanan yang mengandung magnesium tinggi
Makanan yang kaya magnesium seperti kacang-kacangan dan tahu akan mengurangi perut kembung saat datang bulan

7. Jangan lupa konsumsi air dan vitamin
Vitamin yang baik dikonsumsi saat datang bulan adalah vitamin E yang terdapat pada alpukat, dan kuning telur.  Jangan lupa untuk banyak mengkonsumsi air putih saat anda datang bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com