Kompas.com - 25/07/2014, 11:55 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Hampir setiap orang menyadari pentingnya menyikat gigi secara teratur, tetapi belum banyak yang memberi perhatian pada kebersihan lidah. Padahal menurut Puneet Ahuja, konsultan senior operasi gigi di Delhi, kebersihan lidah yang buruk dapat memicu beberapa infeksi.

"Lidah merupakan bagian yang sangat penting dari higienitas mulut dan banyak orang cenderung melupakannya. Anda butuh untuk membersihkan lidah setelah menyikat gigi," ujar Ahuja.

Permukaan lidah tidak rata dan dihuni oleh sejumlah besar bakteri, baik yang "baik" maupun yang dapat menyebabkan infeksi. Maka penting untuk selalu menjaga kebersihan lidah untuk mencegah bau mulut serta infeksi mulut dan tenggorokan.

Salah satu cara praktis mengetahui apakah lidah sudah bersih adalah dengan melihat warnanya merah muda atau tidak. Warna lidah yang keputihan menunjukkan lidah dalam kondisi kotor.

Warna lidah yang lainnya seperti hitam juga bisa terjadi karena pola makan yang tidak sehat seperti konsumsi kopi berlebihan, mengunyah tembakau, merokok, dan lain-lain. Orang dengan penyakit seperti ulkus mulut dan kekurangan vitamin juga biasanya memiliki warna lidah dengan bintik-bintik merah.

"Alat pembersih lidah merupakan alat terbaik untuk membersihkan permukaan lidah. Alat itu menghilangkan bakteri, sisa makanan, dan plak di sana. Alat itu digunakan dari mulai pangkal hingga ujung lidah," paparnya.

Setelah membersihkan lidah, Ahuja juga menyarankan untuk berkumur dengan cairan pembersih mulut atau larutan garam hangat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.