Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2014, 11:55 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Hampir setiap orang menyadari pentingnya menyikat gigi secara teratur, tetapi belum banyak yang memberi perhatian pada kebersihan lidah. Padahal menurut Puneet Ahuja, konsultan senior operasi gigi di Delhi, kebersihan lidah yang buruk dapat memicu beberapa infeksi.

"Lidah merupakan bagian yang sangat penting dari higienitas mulut dan banyak orang cenderung melupakannya. Anda butuh untuk membersihkan lidah setelah menyikat gigi," ujar Ahuja.

Permukaan lidah tidak rata dan dihuni oleh sejumlah besar bakteri, baik yang "baik" maupun yang dapat menyebabkan infeksi. Maka penting untuk selalu menjaga kebersihan lidah untuk mencegah bau mulut serta infeksi mulut dan tenggorokan.

Salah satu cara praktis mengetahui apakah lidah sudah bersih adalah dengan melihat warnanya merah muda atau tidak. Warna lidah yang keputihan menunjukkan lidah dalam kondisi kotor.

Warna lidah yang lainnya seperti hitam juga bisa terjadi karena pola makan yang tidak sehat seperti konsumsi kopi berlebihan, mengunyah tembakau, merokok, dan lain-lain. Orang dengan penyakit seperti ulkus mulut dan kekurangan vitamin juga biasanya memiliki warna lidah dengan bintik-bintik merah.

"Alat pembersih lidah merupakan alat terbaik untuk membersihkan permukaan lidah. Alat itu menghilangkan bakteri, sisa makanan, dan plak di sana. Alat itu digunakan dari mulai pangkal hingga ujung lidah," paparnya.

Setelah membersihkan lidah, Ahuja juga menyarankan untuk berkumur dengan cairan pembersih mulut atau larutan garam hangat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com