Kompas.com - 05/08/2014, 09:45 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Tak mudah memang menghindari godaan junk food, walau sebenarnya makanan tersebut tak sehat karena tidak mengandung zat gizi bagi tubuh. Kendati demikian, ada trik untuk menyiasati agar makanan junk food yang diasup sedikit lebih sehat.

Junk food merupakan makanan dengan kandungan nutrisi yang tidak seimbang, dengan porsi karbohidrat simpel, gula, garam, lemak yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan protein, serat, mineral, vitamin, atau pun air.

Ada beberapa tips untuk membuat junk food lebih sehat untuk dimakan.

1. Moderasi
Ingat, moderasi adalah kunci dalam menjaga berat badan tetap ideal dan tentunya tubuh yang lebih sehat. Yang dimaksud dengan moderasi adalah mengatur dan menjaga asupan junk food dalam satu waktu. Misalnya dalam seminggu, mungkin Anda hanya makan satu porsi junk food saja.

2. Seimbangkan
Sebisa mungkin, ketika makan junk food, lengkapi dengan banyak sayuran. Setelahnya juga ada baiknya Anda menyeimbangkannya dengan olahraga. Melakukan semua itu juga dapat mengurangi rasa bersalah dari menikmati junk food.

3. Perhatikan cara masak
Makanan yang dipanggang akan mengandung lemak yang lebih sedikit daripada makanan yang digoreng. Karena itu, daripada memilih burger dengan daging yang digoreng, ada baiknya Anda menggantinya dengan daging yang dipanggang.

4. Ganti dengan yang lebih sehat
Mayones pada junk food mungkin akan membuatnya lebih gurih, namun juga menambah kandungan lemak darinya. Karena itu, Anda bisa membuat pilihan yang lebih sehat seperti mengganti mayones dengan minyak zaitun. Roti pada burger yang biasanya merupakan roti putih juga dapat diganti dengan roti gandum utuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.