Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2014, 09:45 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Tak mudah memang menghindari godaan junk food, walau sebenarnya makanan tersebut tak sehat karena tidak mengandung zat gizi bagi tubuh. Kendati demikian, ada trik untuk menyiasati agar makanan junk food yang diasup sedikit lebih sehat.

Junk food merupakan makanan dengan kandungan nutrisi yang tidak seimbang, dengan porsi karbohidrat simpel, gula, garam, lemak yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan protein, serat, mineral, vitamin, atau pun air.

Ada beberapa tips untuk membuat junk food lebih sehat untuk dimakan.

1. Moderasi
Ingat, moderasi adalah kunci dalam menjaga berat badan tetap ideal dan tentunya tubuh yang lebih sehat. Yang dimaksud dengan moderasi adalah mengatur dan menjaga asupan junk food dalam satu waktu. Misalnya dalam seminggu, mungkin Anda hanya makan satu porsi junk food saja.

2. Seimbangkan
Sebisa mungkin, ketika makan junk food, lengkapi dengan banyak sayuran. Setelahnya juga ada baiknya Anda menyeimbangkannya dengan olahraga. Melakukan semua itu juga dapat mengurangi rasa bersalah dari menikmati junk food.

3. Perhatikan cara masak
Makanan yang dipanggang akan mengandung lemak yang lebih sedikit daripada makanan yang digoreng. Karena itu, daripada memilih burger dengan daging yang digoreng, ada baiknya Anda menggantinya dengan daging yang dipanggang.

4. Ganti dengan yang lebih sehat
Mayones pada junk food mungkin akan membuatnya lebih gurih, namun juga menambah kandungan lemak darinya. Karena itu, Anda bisa membuat pilihan yang lebih sehat seperti mengganti mayones dengan minyak zaitun. Roti pada burger yang biasanya merupakan roti putih juga dapat diganti dengan roti gandum utuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com