Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2014, 11:04 WIB

KOMPAS.com - Sebelum Anda mengkonsumsi obat atau jamu pelangsing, perhatikan apakah di dalamnya terkandung zat kimia di bawah ini. Jika iya, sebaiknya jangan dikonsumsi, daripada sakit.

Berikut zat kimia yang terkandung dalam pil diet dan sering disalahgunakan pada obat-obat pelangsing:

Amphetamine  

Obat pelangsing umumnya mengandung psikotropika golongan II, yaitu turunan amphetamine . Jadi, jika pada obat pelangsing pilihan Anda terdapat amphetamine , konsultasikan dengan dokter, karena zat kimia ini tidak bisa dikonsumsi tanpa adanya resep dokter.

Bumetanide  

Sangat berpengaruh menyebabkan diuretik. Juga, menginduksi denyut jantung cepat dan meningkatkan risiko stroke atau serangan jantung.

Ekstrak Grapefruit

Berbahaya terlebih jika disatukan dengan obat-obatan seperti astemizol, atorvastatin, dan sildenafil. Beberapa efek samping utamanya adalah tekanan darah tinggi, kejang, diare, dan masalah ginjal.

Ephedra

Karena efek berbahaya dari ephedra (ephedrine ), Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat telah menarik beberapa pil diet yang mengandung ephedra karena berpotensi berbahaya. Menurut penjelasan mereka, ephedra mampu menginduksi peningkatan denyut jantung dan jantung berdebar, sehingga menyebabkan penggunanya berisiko serangan jantung atau stroke.

Fenilpropanolamin (PPA)

Fenilpropanolamin   (PPA) biasanya sering dijadikan bahan pada obat flu, batuk, dan anti alergi. Sedangkan pada pil diet, PPA ditujukan untuk menekan nafsu makan. Berdasarkan penelitian, PPA dapat meningkatkan risiko stroke hemoragik.

Fenitoin

Phenytoin  memiliki efek menekan nafsu makan. Namun jika digunakan dalam dosis tinggi (biasanya dalam pil diet), dapat memicu reaksi alergi (ruam) dan menyebabkan sembelit, bicara cadel, sakit kepala, sakit perut, mual, muntah, tremor, gangguan motorik, pembengkakan kelenjar getah bening, dan penyakit kuning.

Fenolftalein

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com