Kompas.com - 16/09/2014, 10:01 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Seperti halnya pada orang dewasa, konsumsi garam yang berlebihan pada anak-anak juga mendatangkan masalah kesehatan. Padahal, makanan yang dikonsumsi anak-anak saat ini kebanyakan mengandung garam tinggi.

Dalam sebuah survei di Amerika Serikat, rata-rata anak berusia 6-18 tahun di sana mengasup 3.300 miligram sodium perhari, belum termasuk garam yang ditambahkan di meja. Jumlah tersebut jauh melebihi asupan yang direkomendasikan, yakni 2.300 mg perhari.

Salah satu efek pola makan tinggi garam adalah tekanan darah tinggi. "Sekitar satu dari enam anak sudah mengalami darah tinggi yang bisa menyebabkan hipertensi di usia dewasa. Seperti kita tahu, hipertensi adalah penyebab utama penyakit jantung dan stroke," kata Ileana Arias dari pusat pengendalian dan pencegahan penyakit AS (CDC).

Sekitar 43 persen garam yang diasup anak-anak berasal dari 10 jenis makanan yang paling sering mereka makan. Makanan tersebut antara lain pizza, roti, daging, camilan gurih, roti isi, keju, nugget, sup, dan sebagainya.

"Beberapa dari makanan itu tidak berasa asin tapi sebenarnya mengandung sodium cukup tinggi dan anak-anak sering memakannya," kata Arias.

Pola makan tinggi garam sejak usia anak-anak bukan hanya merusak kesehatan tapi juga membentuk pola makan mereka di usia dewasa.

Kebanyakan sodium sudah ada dalam makanan, bahkan sebelum diproses. Diperkirakan 65 persen sodium sudah tersimpan dalam makanan, 15 persen dari makanan cepat saji dan pizza, serta 9 persen dari makanan di kantin sekolah.

Orangtua diharapkan memahami efek negatif kelebihan garam ini. Anak-anak bisa dibiasakan untuk mengasup lebih banyak sayur dan buah-buahan segar, serta mengurangi penggunaan garam dalam masakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber WebMD

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.