Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2014, 10:25 WIB
Kevin Sanly Putera

Penulis


KOMPAS.com - Program penurunan berat badan bukan hanya masalah memilih makanan yang sehat dan rendah kalori tapi juga waktu makan yang tepat. Meski sedang diet, jangan biasakan untuk melupakan jam makan karena ini justru bisa membuat bobot tubuh sulit turun.

Peneliti dari Brigham and Women's Hospital, Universitas Tufts, dan Universitas Murcia, Spanyol, menemukan bahwa makan pada waktunya dapat membantu mengurangi berat badan dalam periode diet 20 minggu daripada yang suka makan telat.

Riset tersebut menguji 420 orang yang kelebihan berat badan di Spanyol. Jadwal makan utama mereka adalah di siang hari.Para responden ini mengasup jumlah kalori yang sama, punya  kebiasaan tidur yang sama, dan kadar hormon rasa lapar, ghrelin dan leptin yang sama.

Para partisipan dibagi menjadi dua kelompok besar. Grup pertama akan makan siang sebelum pukul 15.00 dan grup kedua makan sesudah jam tersebut. Setelah 20 minggu, peneliti membandingkan jumlah penurunan berat badan di antara kedua kelompok itu. Ternyata, kelompok pertama kehilangan berat badan lebih banyak dibanding yang kedua. Selain itu, penurunan berat badan kelompok kedua terjadi lebih lambat.

Perlu diketahui bahwa asupan makan siang di Spanyol sekitar 40 persen dari rata-rata asupan kalori harian orang Kaukasia. Bagi orang Amerika, porsi kalori makan siang orang Spanyol setara dengan porsi makan malam mereka.

Beberapa studi sebelumnya juga menunjukkan kesimpulan yang hampir sama, yakni melewatkan jam makan justru membuat berat badan sulit turun. Hal ini karena sering menahan lapar justru membuat seseorang lebih sulit untuk fokus memilih makanan yang lebih bergizi. Kelaparan cenderung membuat seseorang mengambil makanan apa saja yang ada di depan mata.

Orang yang sering begadang juga cenderung lebih gemuk. Ini karena setelah makan malam biasanya mereka masih akan ngemil di malam hari. Sementara itu orang yang sering melewatkan sarapan atau makan terlalu sedikit di pagi hari cenderung makan lebih banyak di siang hari.

Perusahaan diet, Forza Supplements, melakukan survei terhadap 1.000 pelaku diet mengenai jam makan yang tepat. Hasilnya menunjukkan, waktu sarapan yang paling tepat adalah tidak lama setelah pukul 07.00 pagi. Makan siang idealnya antara pukul 12.30 - 13.00. Sedangkan makan malam adalah sekitar pukul 18.30.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com