Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nafsu Makan Justru Meningkat Setelah Olahraga?

Kompas.com - 17/10/2014, 08:10 WIB

KOMPAS.com - Berolahraga ternyata tak hanya membuat tubuh lebih bugar tapi juga meningkatkan nafsu makan. Jika diabaikan, bukan tak mungkin Anda justru akan makan lebih banyak dibanding dengan kalori yang baru saja dibakar.

"Banyak orang makan makanan tidak sehat setelah olahraga karena beralasan mereka layak mendapatkannya," kata Keri Gans, penulis buku The Small Change Diet.

Ia menambahkan, mengisi ulang energi setelah berolahraga memang boleh saja, tapi pilih dengan bijak jenis camilan atau asupan yang dikonsumsi. Gans juga memberikan kiat untuk mengurangi keinginan makanan berlebihan setelah latihan olahraga.

- Buat batasan
Karena ingin cepat langsing atau memiliki otot, banyak orang yang berlatih melebih kemampuannya. Padahal harapan tersebut tak akan terwujud. Penurunan berat badan dan badan berotot hanya bisa didapatkan lewat latihan rutin. Latihan berlebihan juga akan membuat Anda merasa kelelahan sehingga makan lebih banyak untuk mengganti energi.

- Isi perut sebelum berlatih
Jika Anda nge-gym atau berlari dalam kondisi perut lapar, kemungkinan besar Anda akan semakin lapar setelahnya sehingga makan berlebihan. Ada baiknya Anda mengisi perut terlebih dulu dengan camilan sehat yang mengandung lemak sehat, protein, dan karbohidrat. Misalnya saja satu buah apel, segenggam kacang almond, bubur kacang hijau tanpa santan, atau cokelat hitam.

- Cukupi cairan
Meski air saja tak akan membuat perut kenyang lebih lama, tapi sangat penting untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, terlebih saat berolahraga. Minum air di sela latihan akan meningkatkan energi.

- Perbanyak serat
Pilihlah menu makanan yang rendah kalori dan tinggi serat. Pola makan ini akan membuat perut lebih awet kenyang. Jenis makanan yang bisa dipilih antara lain buah dan sayuran, serelia utuh, dan protein.

- Makan sedikit tapi sering
Ini adalah salah satu aturan penting untuk mengurangi berat badan. Jika Anda rutin olahraga, jangan lewatkan sarapan karena ini penting untuk meningkatkan metabolisme. Pilih makanan bergizi untuk makan siang dan camilan sehat sebelum berolarhaga. Setelah berolahraga, asuplah buah atau sayuran kukus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com