Kompas.com - 22/10/2014, 07:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
Assalamualikum pak anak saya perempuan usia 2,4 bulan. Sekarang ini ia terserang anyang anyangen . Mulanya dia pada malam hari mengeluh sakit pada kemaluannya dan nggak tidur semalaman. Kemudian paginya pas buang air kecil menangis karena kemaluannya sakit. Lalu saya ke bidan, kata bidan terkena infeksi. Kemudian diberi obat dan saya minumkan ke anak. Tapi sekarang malahan anak saya nggak mau pipis karena takut kesakitan, seharian nggak pipis sama sekali. Saya binggung apa yang harus saya lakukan. Sebelumnya terima kasih atas jawaban dokter. Wassalamualikum wr
 
Ida Asiyati (31), Pekalongan

JAWAB :
Kemungkinan besar ia menderita infeksi saluran kemih yang dapat disebabkan oleh infeksi bakteri akibat higiene yang kurang baik. Namun demikian sebaiknya ibu membawanya ke dokter spesialis anak terdekat untuk mencari kemungkinan-kemungkinan penyebabnya.

Penyebab lain pun sebaiknya dievaluasi secara komprehensif, termasuk adanya faktor-faktor lain seperti pola asuh yang kurang baik, terpapar oleh lingkungan yang tidak terlindungi atau kurang pengawasan ketat. Mudah-mudahan penyebab dan penyakit si kecil dapat terdeteksi sehingga pengobatannya menjadi tepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.