Kompas.com - 23/10/2014, 11:29 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com -
Menghindari makanan berkalori tinggi membantu kita menjaga berat badan. Namun tidak semua makanan berkalori tinggi harus dihindari. Ada juga makanan berkalori tinggi yang justru kaya gizi dan bermanfaat untuk kesehatan.

Alpukat
Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal (disebut juga monounsaturated fats atau MUFA), antioksidan, dan betakaroten yang membantu menjaga memori, menurunkan kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) sehingga bagus untuk menjaga kesehatan jantung.
Untuk mendapatkan manfaatnya, makanlah separuh buah alpukat sehari. Agar kalorinya tidak berlebihan, konsumsilah buah alpukat bersama yogurt rendah lemak dan rendah gula.

Kacang-kacangan
Kacang almond, kacang mete, biji bunga matahari, kacang tanah termasuk jenis makanan kaya kalori. Kendati begitu, jenis makanan ini kaya protein, jenis lemak yang baik, serta, vitamin E, magnesium, zinc, folat dan potasium.

Makanlah kacang-kacangan ini hanya segenggam tangan saja dalam sehari. Untuk menikmatinya, kacang-kacangan itu bisa ditaburkan di sereal sarapan atau salad. Bisa juga nikmati kacang-kacangan ini bersama dengan buah sebagai camilan sebelum olah raga.

Keju
Produk susu tinggi lemak seperti keju cenderung kaya kalori. Selembar keju cheddar mengandung 113 kalori di dalam sebuah sandwich. Meski begitu, keju adalah makanan kaya protein dan kalsium. Hati-hati dengan kandungan kalori dan sodium di dalam keju. Batasi konsumsi keju dalam sehari.

Minyak Zaitun
Kendati dressing salad dan makanan yang digoreng cenderung menggemukkan, jangan hindari minyak zaitun. Lemak jenis ini menurunkan risiko penyakit jantung. Minyak zaitun memiliki kandungan antiradang pula. Satu sendok makan minyak zaitun extra virgin mengandung 120 kalori. Oleskan minyak ini di roti untuk mendapatkan manfaat sehatnya.

Kentang
Dinilai kaya karbohidrat, kentang sering dihindari orang yang ingin hidup sehat. Padahal kentang ukuran sedang memiliki kandungan gizi zat besi, potasium dan serat. Kentang jadi tak sehat ketika digoreng, ditambahi keju. Nikmati kentang rebus dengan sedikit taburan garam atau sedikit minyak zaitun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.