Kompas.com - 01/11/2014, 08:45 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Susu merupakan minuman yang kaya nutrisi yang baik untuk pertumbuhan anak. Namun, di usia 7-12 tahun biasanya anak punya kecenderungan mengurangi konsumsi susu karena pilihan minuman lain lebih menarik.

Survei yang dilakukan Frisian Flag Indonesia (FFI) pada 2011 kepada 1.200 rumah tangga atau 5.000 orang memperlihatkan, anak usia 7-12 tahun, cenderung mengurangi konsumsi susu. Mereka lebih memilih mengkonsumsi minuman lain yang lebih menarik.

Di usia tersebut, anak-anak juga mulai memiliki keinginan untuk bebas memilih sehingga mereka kerap mengikuti pilihan teman-temannya.

“Anak di rentang usia middle child group, yaitu 7-12 tahun, level perkembangan kognitif mereka masih dalam tahap konkrit operasional. Ketika teman-temannya mengonsumsi minuman yang lebih enak dan lebih berwarna maka akan diikuti oleh yang lainnya,” kata psikolog anak Ratih Zulhaqqi di acara yang diadakan Frisian Flag Indonesia di Jakarta, Jumat (31/10/14).

Ratih menjelaskan, selain mudah mempelajari dan meniru, di tahapan usia tersebut anak juga mulai mengembangkan kemandiriannya, salah satunya dengan membuat pilihan sendiri.

“Kemandirian anak untuk memilih sesuatu berkembang, bukan hanya soal makanan tapi juga pilih baju apa, jadi mereka mulai mengemukakan inisiatif," ungkap Ratih.

Untuk itu diperlukan peran orangtua. Anak memang perlu diberi kesempatan untuk memilih apa yang mereka perlukan selama mau bertangugng jawab.

"Beri anak kebebasan memilih, tapi berdasarkan negosiasi bersama. Misalnya mau belajar berapa lama dan nonton tv berapa lama. Tapi jangan lupa, anak juga perlu diperkenalkan dengan konsekuensi, misalnya apa akibatnya jika tidak minum susu. Jadi diperkenalkan konsekuensi positif atau negatifnya," katanya.

Untuk mendorong anak-anak usia sekolah lebih suka minum susu, FFI meluncurkan kemasan produk susu siap minum dengan menampilkan karakter Disney. Karakter yang tersedia antara lain Mickey & Friends, Disney Princess, Frozen, serta pahlawan super Marvel.

Karakter animasi tersebut dipilih karena diharapkan bisa menginspirasi anak. "Karakter ini dianggap mampu menularkan nilai-nilai positif ke anak. Misalnya karakter yang punya kekuatan luar biasa dan menyelamatkan orang lain," kata Senior Brand Manager Ready To Drink FFI, Fidiyantri Cholid.  (Eva Erviana)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.