Kompas.com - 06/11/2014, 07:30 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan menegaskan, adanya Kartu Indonesia Sehat (KIS) tak membuat kartu jaminan kesehatan lain yang pernah ada seperti kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) maupun kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) tak berlaku lagi.

Pelayanan kesehatan yang diberikan juga tetap sama. "Pada prinsipnya semua kartu yang ada masih berlaku. Jadi jangan ada kekhawatiran, misalnya kita masih pegang kartu Jamkesmas. Semua masih berlaku dengan level pelayanan yang sama," ujar Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Akmal Taher di Gedung Kemenkes, Jakarta, Rabu (5/11/2014).

Akmal mengatakan, Kementerian Kesehatan telah menyampaikan surat edaran kepada dinas kesehatan setempat dan rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS untuk memberikan pelayanan yang sama kepada pasien.

KIS sama seperti program Jaminan Kesehatan Nasional yang dilaksanakan BPJS. KIS pun memastikan dan menjamin masyarakat yang kurang mampu untuk mendapat manfaat pelayanan kesehatan.

Dengan adanya KIS, cakupan peserta menjadi diperluas yaitu kepada penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) dan bayi yang baru lahir. Akmal mengatakan, KIS juga akan lebih mengintensifkan layanan preventif, promotif, dan deteksi dini.

"Paradigmanya kan paradigma sehat. Selama ini JKN masih terlalu berat pada kuratif. Jadi KIS lebih ditekankan pada promotif, preventif, dan deteksi dini," terang Akmal.

KIS akan diberikan secara bertahap. Nantinya, semua kartu yang ada akan diganti dengan KIS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.