Meditasi Terbukti Ampuh Atasi Depresi dan Kecemasan

Kompas.com - 13/11/2014, 13:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com -
Kehidupan moderen tak pelak membuat kadar stres semakin tinggi. Praktik meditasi terbukti bermanfaat meredakan stres, depresi dan kecemasan. Studi ilmiah membuktikan meditasi punya pengaruh lebih kuat untuk kesehatan dibanding yang pernah diduga.

Sebuah studi baru dari Harvard University dan University of Sienna menemukan bukti kekuatan meditasi di balik penanaman kesadaran diri, perbaikan konsentrasi dan perlindungan kesehatan jantung dan kekebalan tubuh. Meditasi ternyata bisa mengubah fisiologi otak manusia. Latihan meditasi teratur bisa membantu meringankan gejala kecemasan, depresi pada manusia yang sering mengalaminya.

Dalam penelitian yang sudah diterbitkan di jurnal PLOS ONE, para ilmuwan memilih 24 peserta yang belum pernah meditasi dan memandu mereka lewat kursus meditasi delapan minggu.

Setiap peserta menyelesaikan meditasi selama dua setengah jam setiap pekan. Di situ mereka mempelajari berbagai komponen dan gaya latihan meditasi. Di luar latihan mingguan, mereka bermeditasi sendiri selama 45 menit setiap hari.

Dari data yang dikumpulkan pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging) sebelum dan sesudah program meditasi, bersama dengan evaluasi psikologis, ditemukan peserta penelitian mengalami penebalan bagian otak yang bertanggung jawab untuk emosi dan persepsi. Perubahan itu memperkuat kekuatan fisiologi tubuh melawan khawatir, cemas dan depresi.

Buat mereka yang setiap hari berjuang memenuhi tanggung jawab dan tuntutan hidup, ternyata menyediakan sedikit waktu sehari untuk bermeditasi bisa mendatangkan manfaat. Usahakanlah menyelipkan sedikit waktu mediasi di antara jadwal yang sangat sibuk. Bukti manfaatnya untuk kesehatan jiwa dan raga bisa jadi penyemangat untuk mencoba dan melakukannya secara teratur.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X